PROPOSAL KONFERENSI NASIONAL KEDAULATAN MARITIM INDONESIA DAN RAPAT KERJA KAPASGAMA 2010

Mei 2, 2010 at 4:27 pm Tinggalkan komentar

I.PENDAHULUAN

Reposisi dan reaktualisasi UGM menjadi universitas riset berkelas dunia (world class research university) dengan tetap mengedepankan identitasnya sebagai kampus kerakyatan, berbudaya, dan Pancasilais (tercermin dalam visi, misi, dan tujuan UGM), merupakan roh dan manifestasi penting yang menjadi rujukan utama bagi civitas akademika selama berinteraksi dengan UGM. Pijakan itu sekaligus menjadi pegangan yang cukup strategis untuk diwujudkan ketika telah menjadi alumni UGM. Pada tataran praksis, kiprah alumni UGM yang direpresentasikan melalui organisasi Keluarga Alumni Gadjah Mada (KAGAMA) semakin menunjukkan citra dan jati dirinya untuk tetap eksis mengawal perjalanan bangsa ke arah yang lebih bermartabat.
Berdasarkan hal itu, alumni sekolah Pascasarjana UGM mencoba merespon dengan menggagas suatu wadah berkumpul yang diberi nama Keluarga Alumni Pascasarjana Universitas Gadjah Mada yang selanjutnya disingkat KAPASGAMA. KAPASGAMA diorientasikan untuk menjadi salah satu bagian dalam bingkai besar KAGAMA, dengan visi, misi, maupun tujuan yang sinergis dengan visi, misi, dan tujuan KAGAMA maupun UGM. KAPASGAMA menyadari dan meyakini bahwa dengan bereksplorasi melalui pembentukan wadah tersendiri, maka networking dan pengorganisasian anggotanya akan lebih efektif dan efisien. Dalam perjalanannya, gagasan ini banyak mendapat respon positif, terutama dari pihak UGM, khususnya Sekolah Pascasarjana, pihak KAGAMA, alumni, serta mahasiswa Sekolah Pascasarjana sendiri.
Eksistensi KAPASGAMA mendapat pengakuan secara legal formal dari Pengurus Pusat (PP) KAGAMA, yang ditandai dengan penetapan Pengurus Cabang Khusus (Pengcabsus) KAPASGAMA melalui penerbitan SK yang ditandatangani oleh Ketua Umum PP KAGAMA Periode 2005-2009 Dr. Ir. Djoko Kirmanto. Hal itu berarti bahwa KAPASGAMA dianggap sebagai salah satu cabang khusus (Pengcabsus) yang beranggotakan alumni sekolah pascasarjana (telah memiliki gelar Magister dan Doktor) di seluruh nusantara maupun di mancanegara. Selanjutnya puncak pengakuan eksistensi KAPASGAMA diperkuat dengan pengukuhan Pengurus KAPASGAMA periode perdana oleh Ketua Umum PP KAGAMA periode sekarang Sri Sultan Hamengku Buwono X melalui prosesi pelantikan yang dilakukan bersamaan dengan pelantikan Pengurus Pusat KAGAMA, dan Pengcab-Pengcab, serta Pengcabsus lainnya.
Saat ini, pada awal kinerjanya, KAPASGAMA di bawah kepemimpinan Dr. Ir. Fadel Muhammad berupaya sepenuh hati untuk berinovasi melakukan program-program kerja yang menyentuh masyarakat. Dalam konteks ini, program perdana yang dicanangkan para pengurus adalah pelaksanaan RAKER KAPASGAMA 2010 yang secara subtantif digunakan sebagai forum untuk menetapkan program-program andalan yang cukup strategis dan sekaligus sebagai momentum penguatan dan pengkonsolidasian sesama pengurus KAPASGAMA. Selain itu, sebagai bentuk respon KAPASGAMA terhadap agenda mendesak bangsa, terutama di bidang kemaritiman, maka agenda Raker dikemas dengan satu rangkaian kegiatan ilmiah berupa ‘KONFERENSI NASIONAL KEDAULATAN MARITIM INDONESIA’ yang konsentrasinya akan mengedepankan upaya-upaya maksimal untuk merespon berbagai problem dan tantangan di bidang kemaritiman, serta menggali potensi maritim RI dari berbagai perspektif, khususnya di bidang kelautan dan perikanan.
KAPASGAMA menyadari sepenuhnya bahwa di tengah upaya Indonesia untuk menggapai tujuan bangsa melalui berbagai program pembangunan yang dicanangkan, tampaknya diperlukan sinergisitas setiap komponen bangsa agar pencapaiannya dapat lebih efektif, efisien, optimal dan tepat sasaran. Salah satu program pembangunan yang cukup prospektif untuk digarap semaksimal mungkin demi kemajuan bangsa adalah bidang maritim. Julukan Indonesia sebagai bangsa maritim dengan lautnya yang sangat luas tidak terbantahkan lagi. Akan tetapi, julukan tersebut ternyata masih menyimpan berbagai masalah, baik dari aspek konflik batas wilayah, pemberdayaan potensi yang ada di dalam laut itu sendiri, maupun yang terkait dengan berbagai dimensi masalah laut (pengelolaan kawasan pesisir, energi gelombang laut, minyak lepas pantai, dan lain-lain).
Salah satu contoh permasalahan besar yang sedang dihadapi bangsa ini adalah otoritas Republik Indonesia atas wilayah Maritim Indonesia yang kerapkali diklaim oleh negara-negara tetangga, seperti Malaysia dan Singapura. Kasus Sipadan, kasus Ligitan, dan terakhir kasus Ambalat, merupakan kasus-kasus aktual yang sempat membuat kita meradang. Namun permasalahan yang terjadi tidak terbatas pada perebutan wilayah maritim saja, tetapi juga kepemilikan secara utuh Republik Indonesia atas wilayah laut seluas 5,8 juta km2 yang terdiri atas wilayah teritorial seluas 3,1 juta km2 dan wilayah ZEEI 2,7 juta km2, yang mempunyai 17.480 pulau dan memiliki garis pantai sepanjang 95.181 km2. Fakta wilayah Indonesia tersebut semakin mengukuhkan Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dan berpotensi untuk menjadi negara maju. Potensi tersebut bukan isapan jempol karena keanekaragaman sumber daya alam laut, baik hayati maupun non-hayati yang dimiliki Indonesia dalam sektor kelautan merupakan penunjang perekonomian penting bagi Indonesia.
Potensi kelautan itu diperkuat pula dengan potensi perikanan di Indonesia yang terdiri atas potensi perikanan, yaitu: pertama, perikanan tangkap, yang secara nominal mencapai lebih dari US$ 15 miliar. Kedua, perikanan budi daya yang terdiri atas budi daya laut, budi daya tambak, budi daya kolam, budi daya karamba, budi daya jaring apung, dan budi daya sawah. Pada tahun 1999, realisasi lahan untuk budi daya perikanan mencapai luas 594.741.000 Ha atau sekitar 2,27 % dengan total produksi menurut provinsi sebanyak 882.989 ton. Sedangkan pada tahun 2004 realisasi lahan untuk budi daya perikanan mencapai 716.317.000 Ha dengan total produksi menurut provinsi mencapai 1.468.610 ton. Ketiga, industri pengolahan ikan nasional, yang seharusnya lebih besar daripada negara-negara tetangga yang tidak mempunyai sumber daya ikan sendiri sebagai bahan baku industri pengolahan. Dalam konteks ini, Indonesia yang mempunyai bahan baku masih tertinggal jauh dengan negara-negara di kawasan ASEAN, seperti Filipina dan Thailand yang telah memiliki industri ikan pengolahan sejak tahun 1980-an. Ketiga tantangan itu masih menghadang hingga saat ini karena daya dukung bangsa masih minim untuk merespon, khususnya dalam penyediaan SDM, teknologi kelautan, maupun faktor-faktor pendukung lainnya.
Pada sisi lain, pembangunan maritim, khususnya di bidang kelautan dan perikanan perlu didukung dengan keberlanjutan sumber daya alam sebagai basis faktor-faktor produksi. Untuk itu, pemanfaatan sumber daya kelautan dan perikanan mesti diletakkan dalam kerangka ekologis berkelanjutan (an ecologically sustainable area/ecosystem). Asumsi yang dibangun dalam perspektif ini adalah basis sumber daya alam kelautan dan perikanan harus dapat dipelihara secara stabil, tidak terjadi eksploitasi berlebih terhadap sumber daya yang dapat diperbarui (renewable resources), dan tidak terjadi pembuangan limbah melampaui kapasitas asimilasi lingkungan yang dapat mengakibatkan kondisi tercemar. Hal ini harus dibarengi pula dengan pemeliharaan keanekaragaman hayati (biodiversity), stabilitas siklus hidrologi, siklus biogeo-kimia, dan kondisi iklim.
Ada tiga strategi yang dapat ditempuh untuk mewujudkan pembangunan kelautan dan perikanan ini. Pertama, menciptakan keharmonisan ruang (spatial harmony) untuk kehidupan manusia dan kegiatan pembangunan yang dituangkan dalam peta tata ruang. Kedua, mengendalikan tingkat/laju (rate) pemanfaatan sumber daya dapat pulih (seperti sumber daya perikanan dan hutan mangrove) yang tidak boleh melebihi kemampuan pulih (renewable capacity) dari sumber daya tersebut dalam kurun waktu tertentu. Ketiga, memodifikasi bentang alam pesisir dan lautan untuk membangun dermaga (jetty), pemecah gelombang (breakwaters), pelabuhan laut, hotel, anjungan minyak (oil rigs), marina, dan infrastruktur lainnya, yang harus menyesuaikan dengan karakteristik dan dinamika alamiah lingkungan pesisir dan lautan seperti pola arus, pasang surut, sifat geologi dan geomorfologi (sediment budget), serta sifat biologis dan kimiawi sehingga tidak mengganggu tatanan dan fungsi ekosistem.
Berdasarkan kerangka pikir tersebut dan adanya kesadaran mengenai potensi maritim Indonesia yang begitu besar, sementara perhatian pemerintah terhadap kelautan dan perikanan masih dalam upaya untuk memaksimalkan berbagai potensi yang ada, maka bertepatan dengan momentum pelaksanaan Raker KAPASGAMA 2010, dirangkaikan pula dengan agenda acara penyelenggaraan ‘Konferensi Nasional Kedaulatan Maritim Indonesia’ yang bertemakan “Bersama Berkarya Membangun Budaya Unggul Bangsa yang Bermartabat’”, sebagai wujud kegelisahan dan kepedulian terhadap nasib potensi Maritim Indonesia. Konteks pelaksanaan konferensi Nasional Kedaulatan Maritim Indonesia sangat relevan dengan agenda Rapat Kerja Pengurus KAPASGAMA 2010 yang dirancang secara komprehensif untuk mewujudkan visi, misi, dan tujuan lembaga yang berorientasi dan berbasis pada kepentingan bangsa dan kesejahteraan rakyat.
II.LANDASAN KEGIATAN

1.Amanat Munas dan Temu Alumni Sekolah Pascasarjana UGM I pada tanggal 13 Maret 2009 di Aula Lt.5 Gedung Lengkung Sekolah Pascasarjana UGM Yogyakarta
2.Keputusan Hasil Rapat Koordinasi Pengurus KAPASGAMA di Yogyakarta tanggal 9 November 2008.

III.MAKSUD DAN TUJUAN KEGIATAN

1.Merumuskan agenda/rencana strategis organisasi dan Rapat Kerja pengurus Keluarga Alumni Pascasarjana UGM (KAPASGAMA) dalam program jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang.
2.Mempromosikan berbagai program kerja Keluarga Alumni Pascasarjana UGM (KAPASGAMA) ke berbagai instansi, institusi, dan komunitas lainnya yang berkaitan dan bersinergi dengan agenda KAPASGAMA sekaligus bekerja sama untuk menyukseskan agenda tersebut.
3.Mendiskusikan dan mempublikasikan berbagai karya ilmiah yang berkaitan dengan wawasan Maritim Indonesia melalui berbagai macam perspektif keilmuan sesuai dengan kompetensi tiap-tiap bidang ilmu.
4.Meningkatkan pengetahuan dan intelektualitas para mahasiswa dan alumni Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada serta para peserta khususnya yang berhubungan dengan wawasan Maritim Indonesia.
5.Menumbuhkan kesadaran, kepedulian, dan partisipasi aktif mahasiswa dan alumni Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada serta para peserta terhadap nasib Maritim Indonesia melalui kemampuan yang dimiliki.
6.Mengembangkan dan memperkokoh keberadaan maritim Indonesia bagi kemakmuran dan wibawa bangsa.
IV.TEMA KEGIATAN

Tema Umum :
”Bersama Berkarya Membangun Budaya Unggul Bangsa yang Bermartabat“
Sub Tema :
a.Sains, Tekhnologi, dan Lingkungan
‘Eksplorasi dan Eksploitasi Maritim Indonesia Menuju Bangsa yang Mandiri, Makmur, Sejahtera, Kuat, dan Berdaulat’
b.Kebudayaan, Pariwisata, dan Pendidikan
Dinamika Maritim Indonesia dalam Perspektif Budaya, Pendidikan, Pariwisata, Otonomi Daerah, dan Kearifan Lokal’
c.Sosial, Ekonomi, dan Pertanian
‘Masa Depan Pembangunan Kelautan dan Perikanan Menghadapi Tantangan Global’
d.Politik, Hukum, dan Keamanan
‘Reposisi dan Revitalisasi Kedaulatan NKRI dalam Perspektif Keamanan Maritim’

V.AGENDA KEGIATAN

Agenda kegiatan yang akan dilaksanakan meliputi:
1.Rapat Kerja Pengurus KAPASGAMA 2010
Dalam agenda ini akan dibahas beberapa hal yang berkaitan dengan kelangsungan organisasi, seperti :
a.Perumusan/Pembahasan: Visi dan Misi, Tata Tertib Organisasi, AD-ART/GBHO, Ketentuan dan Mekanisme Organisasi, Aturan Baku Administrasi Umum dan Keuangan, serta Program Kerja Organisasi.
b.Pengesahan Visi dan Misi, Tata Tertib Organisasi, AD-ART/GBHO, Ketentuan dan Mekanisme Organisasi, Aturan Baku Administrasi Umum dan Keuangan, serta Program Kerja Organisasi.
c.Sosialisasi Visi dan Misi, Tata Tertib Organisasi, AD-ART/GBHO, Ketentuan dan Mekanisme Organisasi, Aturan Baku Administrasi Umum dan Keuangan, serta Program Kerja Organisasi kepada pihak-pihak terkait.
d.Sharing, diskusi kontribusi/peran dan tanggung jawab Alumni Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada dalam berbangsa dan bertanah air secara umum, serta perkembangan organisasi Kapasgama ke depannya secara khusus.
2.Diskusi Klaster
Diskusi Klaster bertujuan merekomendasikan berbagai persoalan maritim dari berbagai macam perspektif, yaitu:
a.Sains, Teknologi, dan Lingkungan
b.Kebudayaan, Pendidikan, dan Pariwisata
c.Sosial, Ekonomi, dan Pertanian
d.Politik, Hukum ,dan Keamanan
3.Konferensi Nasional Kedaulatan Maritim Indonesia
Konferensi Nasional Kedaulatan Maritim Indonesia, akan dihadiri oleh Alumni Sekolah Pascasarjana se-Indonesia dan mahasiswa dari Universitas Gadjah Mada dan Perguruan Tinggi sekitarnya, serta tamu undangan. Pemateri dalam Konferensi Nasional Kedaulatan Maritim Indonesia ini adalah tokoh-tokoh nasional, birokrat, praktisi, dan beberapa pakar di bidang maritim, seperti:
1.Dr. Ir. Fadel Muhammad (Menteri Kelautan dan Perikanan RI)
2.Sri Sultan Hamengkubuwono X (Gubernur DIY/Ketua Umum PP KAGAMA)
3.Dr. La Ode Ida ( Wakil Ketua DPD)
4.Dr. Hartono, DEA, DESS (Direktur Sekolah Pascasarjana UGM/Pakar Pemetaan Perikanan dan Kelautan)
5.Prof. Dr. Hasjim Djalal (Staf Ahli Departemen Kelautan dan Perikanan)
6.Prof. Dr. Sarwono Kusumaatmadja (Pakar Ekonomi Kelautan/Mantan Menteri DKP)
7.Dr. Hendropriyono (Mantan Kepala BIN)
8.Laksamana Muda (Purn) Rosihan Arsyad (Mantan Gubernur Sumsel)
9.Prof. Dr. Irwan Abdullah (Pakar Kebudayaan/Akademisi )
10.Dr. Ir. Latif Sahubawa, M.Si (Pakar Pembangunan Perikanan dan Kelautan/Mantan Kepala PUSTEK UGM)
11.Daniel Muhammad Rosyid, Ph.D, Ir. MRINA. (Pakar Teknologi Kelautan)
12.Prof. Dr. Ir. Kamiso H. Nitimulyo, M.Sc (Pakar Pembangunan Kelautan dan Perikanan)
13.Dr. Nurul Khakim, M.Si (Kepala Pusat Studi Sumberdaya dan Teknologi Kelautan)
14.Rustiningsih, M.Si (Wakil Gubernur Provinsi Jawa Tengah)
15.Ramli I. Umasugi, S.Pi, MM (Wakil Bupati Buru Provinsi Maluku)
16.Ir. Hugua (Bupati Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara)
17.Prof. Dr. Mukhlis Paeni (Pakar Kebudayaan Maritim)
18.Pemateri Kluster ( 28 pemateri hasil seleksi call for paper)
Dalam Konferensi Nasional ini, panitia pelaksana akan bekerja sama dengan berbagai komponen, utamanya Keluarga Alumni Gadjah Mada (KAGAMA), Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada, dan UGM, serta pihak-pihak sponsorship yang berminat. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi sarana tambahan dalam memperoleh wawasan lebih luas lagi terutama tentang maritim Indonesia dan memberikan kontribusi besar kepada Negara Indonesia.
4.Kegiatan Pendukung
Kegiatan pendukung ini merupakan ajang promosi kebudayaan Maritim Indonesia dan keberadaan organisasi KAPASGAMA kepada khalayak, dengan mengagendakan beberapa kegiatan sebagai berikut:
a.Pameran Buku dan Produk-Produk Lokal
b.Pagelaran Budaya Maritim (Sendra Tari dan Seni Suara)
c.Ramah Tamah (Menteri Kelautan dan Perikanan, Gubernur DIY, Rektor UGM dan Beberapa Rektor PTN/PTS se-Yogyakarta, Direktur Sekolah Pascasarjana UGM, dan beberapa direktur Program Pascasarjana PT se-Yogyakarta, serta para pemakalah konferensi kedaulatan maritim Indonesia dan Pengurus Inti KAPASGAMA.

VI.SASARAN PESERTA

Peserta yang diharapkan hadir dalam kegiatan ini adalah :
a.Alumni Mahasiswa Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada se-Indonesia
b.Mahasiswa Program Pascasarjana yang ada di Universitas Gadjah Mada, serta mahasiswa Pascasarjana PTN/PTS se-Indonesia
c.Mahasiswa S1 Universitas Gadjah Mada
d.Umum (Mahasiswa di luar Universitas Gadjah Mada, LSM, Praktisi, Birokrat, Industriawan, pemerhati kemaritiman, dll.)
e.Para undangan
1)Rektor Universitas Gadjah Mada beserta staf
2)Pimpinan Majelis Wali Amanat Universitas Gadjah Mada
3)Ketua dan Pengurus Pusat KAGAMA
4)Pengelola Program Studi/Minat Studi Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada (antarbidang/multidisiplin)
5)Pengelola Program Studi Pascasarjana reguler/monodisiplin Universitas Gadjah Mada
6)Direktur program Pascasarjana pada PTN/PTS di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)
7)Ketua dan Pengurus Himpunan Mahasiswa/Keluarga Mahasiswa Pascasarjana PTN/PTS di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)

VII.TAHAPAN PELAKSANAAN KEGIATAN

A.Raker KAPASGAMA 2010
Kegiatan ini direncanakan akan dilaksanakan pada :
Hari : Jumat
Tanggal : 14 Mei 2010
Tempat : Auditorium Lantai 5 Gedung Lengkung Sekolah Pascasarjana
(SPs) UGM Yogyakarta
Jl. Teknika Utara – Yogyakarta Indonesia
B.Diskusi Panel Kluster (Call for paper)
Kegiatan ini direncanakan akan dilaksanakan pada :
Hari/Tgl : Jumat, 14 Mei 2010
Tempat : Gedung PAU Sekolah Pascasarjana UGM, Yogyakarta
1)Pengiriman abstrak
Mulai tanggal 17 Maret s.d. 17 April 2010
Melalui Email : kapasgama@gmail.com
2)Pengumuman Seleksi Abstrak
Hari : Selasa, 20 April 2010
Melalui Email masing-masing peserta yang lolos seleksi dan Blogspot : www. kapasgama.blogspot.com atau www. kapasgama.wordpress.com
3)Pengiriman naskah lengkap peserta
Paling lambat hari Senin tanggal 10 Mei 2010
C.Konferensi Nasional Kedaulatan Maritim Indonesia
Kegiatan ini direncanakan akan dilaksanakan pada :
Hari : Sabtu
Tanggal : 15 Mei 2010
Tempat : Auditorium Lantai 5 Gedung Lengkung Sekolah Pascasarjana
UGM Jl. Teknika Utara – Yogyakarta Indonesia

VIII.PENYELENGGARA

Keluarga Alumni Sekolah Pascasarjana (SPs) Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (KAPASGAMA) dengan dukungan Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (KAGAMA), UGM, dan Sekolah Pascasarjana (SPs) Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

IX.KEPANITIAAN (Terlampir)

X.SUSUNAN ACARA (Terlampir)

XI.ANGGARAN DANA (Terlampir)

XII.SUMBER DANA

1.Kas KAPASGAMA (Dana awal kegiatan)
2.Sekolah Pascasarjana (SPs) UGM (Dana awal kegiatan)
3.Kontribusi Peserta Konferensi Nasional
a)Mahasiswa Pascasarjana Universitas Gadjah Mada
b)Alumni Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada
c)Mahasiswa S1 Universitas Gadjah Mada
d)Umum (Mahasiswa di luar UGM, LSM, Praktisi, Birokrat, Industriawan, pemerhati kemaritiman, dll)
4.Para Donatur yang tidak mengikat
5.Sponsorship

XIII.PENUTUP

Demikian proposal kegiatan “Rapat Kerja KAPASGAMA 2010 dan Konferensi Nasional Kedaulatan Maritim Indonesia” kami ajukan, dengan harapan kegiatan ini memperoleh respon positif berupa dukungan dan partisipasi dari semua pihak agar kegiatan ini dapat mencapai tujuan dan manfaat sesuai dengan rencana. Atas kesediaan, kerja sama, bantuan dan peranserta Anda dalam menyukseskan pelaksanaan kegiatan ini, kami ucapkan terima kasih. Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua sehingga kegiatan tersebut dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

Yogyakarta, 9 Maret 2010

PANITIA PELAKSANA
KONFERENSI NASIONAL KEDAULATAN MARITIM INDONESIA DAN RAPAT KERJA KAPASGAMA 2010

Ketua, Sekretaris,

Ttd. Ttd.

Dr. Muhammad Sehol, M.Si Novrial, SKM

Lampiran 1

SUSUNAN PANITIA KONFERENSI NASIONAL KEDAULATAN MARITIM INDONESIA DAN RAPAT KERJA KAPASGAMA 2010

Pelindung : Ketua Umum KAGAMA
Rektor Universitas Gadjah Mada
Direktur Sekolah Pascasarjana Universitas
Gadjah Mada
Penanggung Jawab : Dr. Fadel Muhammad (Ketua Umum KAPASGAMA)
Steering Committee : Dr. M. Ridha Taqwa
Johan Nasrul Huda, M.Si.
Suharno, M.Si.
Dr. Abdullah Sumrahadi, M.Si.
Noor Fadli Marh, M.A.
Ketua Pelaksana : Dr. Muhammad Sehol, M.Si.
Wakil Ketua : Silviani DM, S.Pt., M.Si.
Sekretaris : Novrial, S.K.M.
Wakil Sekretaris : Rahmawati, S.Pd
Bendahara : Nuryani, M.A.

Seksi-Seksi :
Sie Acara
Koordinator : Arief Aulia Rachman, M.A.
Anggota : Desy Mardiyah, M.Si.
Efa Ida Amaliyah, M.A.
Eko Nurcahyo, M.A.
Herawati, M.A.
Sie Dokumentasi dan Publikasi
Koordinator : Buyung Haris, S.T.
Anggota : Musyafa, S.HI. M.HI
Ahmad Isa, S.Pd, M.A
Nova Ekawati, S.S.
Sie Konsumsi
Koordinator : Ita Rahmania Kusumawati, S.S., S.Si., M.A.
Anggota : Silviani DM, S.Pt., M.Si.
Nurun Febriana Setyowati, S.Pd.
Sie Transportasi dan Akomodasi
Koordinator : Muhammad Edy Thoyib, M.A
Anggota : Ahmad Ghozi, M.A
La Ode Muhammad Untung, SIP, MA

Sie Kesekretariatan
Koordinator : Bambang Syaiful Hadi, M.Si
Anggota : Ishak Bagea, S.Pd M.A.
Arddin Farsan, ST
Ahmad, S.Pd
Amri La Bantase, SP, M.Si.

Sie Perlengkapan
Koordinator : Achmad Fajaruddin, S.HI.
Anggota : La Rintinga, S.Pd, M.Si
La Ode Aris, M.A.
Sie Dana
Koordinator : Musdalifah Dachrud, M.Si.
Anggota : Mustadin, M.Si.
Burhan, M.Sc.
Jumardin La fua,M.Sc
Wa ode Fatmawati, M.A.
A. Faidlal Rahman, S.Par., M.Sc.
La Ode Ali Syukur, ST

Lampiran 2
SUSUNAN ACARA KONFERENSI NASIONAL KEDAULATAN MARITIM INDONESIA DAN RAPAT KERJA KAPASGAMA 2010

14 Mei 2010 (Jumat), Raker KAPASGAMA dan Presentasi/Diskusi Kluster
Tempat : Auditorium Lt. 5 Gedung Lengkung Sekolah Pascasarjana dan
Auditorium Lt.3 Gedung PAU UGM
Waktu
Acara
Tempat
08:00 – 09:00
Registrasi

Aula Lt. 5 Gedung Lengkung Sekolah Pascasarjana (SPs) UGM
09.00 – 09.30
Coffee Break

09:30 – 10:30
Pembukaan:
Pelantunan Lagu Indonesia Raya
Laporan Ketua panitia Pelaksana
Sambutan
a.Ketua Umum KAPASGAMA
b.Direktur Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada
c.Ketua Umum PP KAGAMA
d.Rektor Universitas Gadjah Mada sekaligus membuka acara
Penutup/Pembacaan Doa
(PJ : Pan- seksi acara )

10.30 – 12.00
1. Agenda Raker ( Pembahasan Tata Tertib
Raker)

2.Presentasi dan Diskusi Kluster A (Kebudayaan, Pendidikan, dan Pariwisata)

3.Presentasi dan Diskusi Kluster B (Sosial, Ekonomi, dan Pertanian)
(PJ: Steering Committee, Moderator kluster dan PJ
ruangan)
Aula Lt. 5 Gedung Lengkung Sekolah Pascasarjana (SPs) UGM

Ruang A Lt. 3 PAU UGM

Ruang B Lt. 3 PAU UGM
12.00 – 13.00

Ishoma (Istirahat, Sholat, dan Makan Siang)
(PJ : Pan-Seksi Konsumsi)

Aula Lt. 5 Gedung Lengkung Sekolah Pascasarjana (SPs) UGM dan Lt. 3 Gedung PAU UGM
13.00 – 15.30
1. Agenda Raker
a)Perumusan/PembahasanAD-ART/GBHO/ Program Kerja
b)Pengesahan AD-ART/GBHO/Program Kerja
c)Sharing dan diskusi kontribusi/peran dan tanggung jawab Alumni Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada dalam berbangsa dan bertanah air secara umum dan perkembangan organisasi Kapasgama ke depannya secara khusus.
d)Membahas tentang agenda kerja selanjutnya.

2.Presentasi dan diskusi Kluster C (Politik, Hukum, dan Keamanan)

3.Presentasi dan diskusi Kluster D : Sains, Teknologi, dan Lingkungan
(PJ : Steering Committee, Seksi Acara, Moderator kluster setiap ruang)

Aula Lt. 5 Gedung Lengkung Sekolah Pascasarjana (SPs) UGM
15.30 – 16.00

Coffee Break
(PJ : Pan-Seksi konsumsi)

Lt. 5 Gedung Lengkung Sekolah Pascasarjana (SPs) UGM
16:00 – 17.30
1.Pleno Kluster (paparan dan rumusan Akhir Diskusi Klaster)
2.Pembacaan rangkuman hasil Raker dan Penutupan Raker Kapasgama
(PJ :Pan-Seksi Acara dan SC Panitia)
Aula Lt. 5 Gedung Lengkung Sekolah Pascasarjana (SPs) UGM
17.30-18.00

Break (Persiapan menyongsong agenda acara besok)

Aula Lt. 5 Gedung Lengkung Sekolah Pascasarjana (SPs) UGM

15 Mei 2010 (Sabtu), Konferensi Nasional Kedaulatan Maritim Indonesia Tempat : Lt.5 Aula Gedung Lengkung SPs Universitas Gadjah Mada

Waktu
Acara
Tempat
07:00 – 08:00
Registrasi
(PJ : Pan – Seksi Acara)

Lt. 5 Gedung Lengkung SPs UGM
08:00-09:00
Pembukaan Acara :
Pelantunan Lagu Indonesia Raya
Sambutan Ketua Pelaksana
Sambutan Ketua Umum KAPASGAMA
Sambutan Direktur SPs UGM
Sambutan Ketua Umum PP KAGAMA
Sambutan Rektor UGM sekaligus membuka acara Konferensi Nasional Kedaulatan Maritim Indonesia
Penutup/Doa
(PJ : Pan – Seksi Acara)

Aula Lt. 5 Gedung Lengkung Sekolah Pascasarjana (SPs) UGM
09:00-09:30
Coffee Break
(PJ : Pan – Seksi Konsumsi)

Lt. 5 Gedung Lengkung SPs UGM
09.30 – 10:30
Keynote Speech I :“Eksplorasi dan Eksploitasi Potensi Maritim Indonesia Menuju Bangsa yang Mandiri, Makmur, Sejahtera, Kuat, dan Berdaulat”
(Speaker: Dr. Ir. Fadel Muhammad, Menteri Departemen Kelautan dan Perikanan RI)
Keynote Speech II : “Reposisi dan Revitalisasi Kedaulatan NKRI dalam Perspektif Maritim ”
(Speaker: Sri Sultan Hamengkubuwono X, Gubernur DIY)
(PJ : Pan – Seksi Acara)

Aula Lt. 5 Gedung Lengkung Sekolah Pascasarjana (SPs) UGM
10:30 – 12:00
Panel Sesi I (Konferensi Nasional) : “ Masa Depan Pembangunan Kelautan dan Perikanan Indonesia dalam Menghadapi Tantangan Global”
a)Dr. Hartono, DEA, DESS (Pakar Pemetaan Potensi Perikanan dan Kelautan/Direktur SPs-UGM)
b)Daniel Muhammad Rosyid, Ph.D, Ir. MRINA. (Pakar Teknologi Kelautan)
c)Prof. Dr. Ir. Kamiso H. Nitimulyo, M.Sc (Pakar Pembangunan Perikanan dan Kelautan)
d)Prof. Dr. Hasjim Djalal (Staf Ahli Kementerian Kelautan dan Perikanan)
e)Dr. Nurul Khakhim, M.Si (Kepala Pusat Studi Sumberdaya dan Teknologi Kelautan UGM)
(PJ : Pan – Seksi Acara)

Aula Lt. 5 Gedung Lengkung Sekolah Pascasarjana (SPs) UGM
12:00 – 13:00
Lunch Break/Ishoma (Istirahat, Sholat, dan Makan Siang)
(PJ : Pan – Seksi Acara)
Lt. 5 Gedung Lengkung SPs UGM

13:00 – 15.30
Panel Sesi II (Konferensi Nasional) : “ Otonomi Daerah dan Pengelolaan Pembangunan Kelautan Berkelanjutan yang Berbasis Pemberdayaan Masyarakat”
a)Prof. Dr. Sarwono Kusumaatmadja (Pakar Ekonomi Kelautan/Mantan Menteri DKP dan Mantan Menteri KLH)
b)Dr. Ir. Latif Sahubawa (Pakar Pembangunan Perikanan dan Kelautan)
c)Rustiningsih, M.Si (Wagub Propinsi Jawa Tengah)
d)Ramli I. Umasugi, S.Pi, MM (Wakil Bupati Buru Propinsi Maluku)
e)Ir. Hugua (Bupati Wakatobi Propinsi Sulawesi Tenggara)
(PJ : Pan – Seksi Acara)

Aula Lt. 5 Gedung Lengkung Sekolah Pascasarjana (SPs) UGM
15:00 – 15:30
Ishoma/Coffee Break
(PJ : Pan – Seksi Konsumsi)
Lt. 5 Gedung Lengkung SPs UGM
15.30 – 17.30
Panel Sesi III (Konferensi Nasional) : “Revitalisasi Ketahanan Maritim Indonesia dalam Dinamika Budaya dan Kearifan Lokal ”
a)Dr. La Ode Ida ( Wakil Ketua DPD)
b)Dr. Hendropriyono (Mantan Kepala BIN)
c)Laksda (purn) Rosihan Arsyad (Mantan Gubernur SUMSEL)
d)Prof. Dr. Mukhlis Paeni (Pakar Kebudayaan Maritim)
e)Prof. Dr. Irwan Abdullah (Pakar Kebudayaan/Akademisi)
(PJ : Pan – Seksi Acara)

Aula Lt. 5 Gedung Lengkung Sekolah Pascasarjana (SPs) UGM
18.00 – 22.00
1.Penutupan
2.Pagelaran Budaya
3.Malam ramah tamah peserta Rapat Kerja dengan Menteri Kelautan dan Perikanan dan para undangan
(PJ : Pan – Seksi Acara)

Aula Lt. 5 Gedung Lengkung Sekolah Pascasarjana (SPs) UGM

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

Pamflet Konferensi Nasional

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Mei 2010
S S R K J S M
« Apr    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Informasi Kegiatan

Foto-foto


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: